Tips Makanan Untuk Sahur Sehat Agar Kuat Berpuasa Seharian

Spread the love

Tips Makanan Untuk Sahur – Sangat penting untuk diketahui agar Anda bisa memilih makanan yang sesuai. Ketika berpuasa, makan hanya menjadi 2 kali yaitu ketika sahur dan berbuka. Pemilihan makanan saat sahur haruslah dipikirkan dengan baik, hal ini dikarenakan ketika nanti siang Anda tidak bisa makan. Maka, makanan yang dikonsumsi ketika sahur merupakan penunjang energi untuk seharian.

Tips Makanan Untuk Sahur

Berikut ini adalah tips makanan sehat untuk sahur :

  1. Pilihlah Makanan Dengan Jenis Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sudah terbukti bisa membuat perut terasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, konsumsi karbohidrat kompleks ketika sedang sahur merupakan pilihan yang tepat. Sumber makanan karbohidrat kompleks ada banyak sekali, misalnya nasi merah, oatmeal, roti gandum, dan lain sebagainya.

Selain itu, makanan-makanan tersebut juga sangat baik untuk memberikan energi seharian ketika nanti berpuasa. Tak hanya itu saja, makanan yang mempunyai karbohidrat kompleks juga sangat baik sekali dikonsumsi untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal. Anda bisa melakukan variasi pengolahan agar tidak bosan.

  1. Pilihlah Makanan Berserat

Makanan berserat bisa juga membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama ketika sedang berpuasa. Serat bisa didapatkan secara alami dari sayur-sayuran. Anda bisa mengolah sayuran menjadi rebusan, tumisan, atau bahkan di sayur bening.

Dengan begitu, cita rasa dari sayur-sayuran tersebut menjadi semakin meningkat dan semakin enak untuk dimakan. Selain itu, serat juga bisa didapatkan dari agar-agar, sehingga sangat cocok untuk menjadi agar-agar sebagai dessert ketika sedang sahur.

  1. Makanan Kaya Protein Juga Penting

Protein yang dikonsumsi ketika sahur nantinya bisa berperan penting dalam pemecahan menjadi energi. Oleh sebab itu, ketika seseorang cukup dalam mengonsumsi protein ketika sedang sahur, maka puasa yang dilaksanakan akan menjadi lebih lancar. Makanan kaya protein bisa didapatkan dari beragam jenis, namun yang paling utama adalah berasal dari pangan hewani.

Makanan kaya protein yang baik dikonsumsi misalnya ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Jika Anda merupakan seorang vegetarian, maka bisa mengganti asupan protein dengan hanya menggunakan pangan yang bersumber dari nabati saja, misalnya seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

  1. Jangan Lupakan Vitamin Pada Buah dan Sayur

Asupan vitamin yang cukup juga akan memberikan efek yang baik terhadap tubuh. Tubuh akan terasa lebih kuat dan bugar untuk menjalankan aktivitas selama seharian. Ketika sahur, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur agar asupan berbagai vitamin menjadi tercukupi. Apabila Anda rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, maka tubuh tidak akan terasa lemas ketika sedang berpuasa.

Anda bisa mendapatkan beragam vitamin dari buah dan sayur. Misalnya, Vitamin A, B, C, D, E, K dan zat-zat gizi lainnya. Sehingga, tubuh tidak akan cepat merasa lemas karena kebutuhan akan berbagai vitamin dan zat gizi sudah terpenuhi dengan baik apabila Anda mengonsumsi buah dan sayur ketika sedang sahur.

  1. Konsumsi Makanan Berlemak, Namun Dengan Jumlah yang Sedang

Tips makanan untuk sahur selanjutnya adalah konsumsi lemak. Makanan berlemak juga tetap boleh untuk dikonsumsi. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan berlemak ketika sedang sahur, namun tentunya jumlahnya harus dibatasi agar tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh. Lemak yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sedang bisa memberikan energi untuk seharian beraktivitas. Sehingga, ada baiknya untuk mengonsumsi dalam jumlah yang sedang saja.

Sumber lemak yang bisa Anda dapatkan misalnya dari daging, ikan, dan telur. Namun, tak menutup kemungkinan juga Anda bisa mendapatkan sumber lemak dari makanan lain. Anda juga bisa mendapatkan lemak dari mentega, margarin, dan lain sebagainya. Selain itu, susu juga memberikan sumbangan lemak baik untuk tubuh.

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Ketika sahur, ada baiknya untuk Anda menghindari makanan yang terlalu asin untuk dikonsumsi. Makanan yang terlalu asin bisa berdampak buruk pada tubuh ketika sedang berpuasa. Kandungan garam yang tinggi dan apabila terkonsumsi oleh tubuh maka akan membuat tubuh dehidrasi. Sedangkan, seperti yang kita ketahui bahwa ketika sedang berpuasa tidak diperbolehkan untuk makan dan minum sampai waktunya tiba.

  1. Hindari Makanan yang Pedas dan Bersantan

Makanan yang pedas dan bersantan juga sebaiknya dihindari ketika sedang sahur. Kedua jenis makanan tersebut bisa membuat perut menjadi sakit dan pada akhirnya akan menyebabkan diare. Apabila seseorang mengalami diare, maka ia akan berpotensi terkena dehidrasi karena banyaknya cairan yang dikeluarkan akibat diare tersebut.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan bersantan ketika sedang sahur. Ketika sahur, akan lebih baik jika mengonsumsi makanan dengan cita rasa yang tidak terlalu kuat dan sebaiknya mengonsumsi sayuran bening ketimbang makanan yang bersantan.

  1. Vitamin Untuk Menunjang Asupan Tubuh

Ketika sudah selesai sahur, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin yang bisa menunjang asupan yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang kerap kali dikonsumsi ketika sedang berpuasa adalah Vitamin C. Vitamin C mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Manfaat yang paling utama dari Vitamin C adalah menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Banyak Minum Air

Untuk melengkapi tips-tips yang sudah disebutkan di atas untuk membuat puasa menjadi lancar, Anda juga perlu untuk minum banyak air ketika akan berpuasa. Banyak disini bukan berarti berlebihan, namun sesuai dengan kebutuhan tubuh akan asupan air. Tips makanan untuk sahur nan sehat ternyata sangat mudah untuk dilakukan, namun bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh.