Tips Makan Jengkol Supaya Tidak Bau Dan Cara Tepat Menghilangkan Aroma Yang Ditimbulkannya

Spread the love

Tips Makan Jengkol Supaya Tidak Bau

Tips Makan Jengkol Supaya Tidak Bau – Jika Anda termasuk pecinta makanan jengkol, tentu ada banyak tips makan jengkol supaya tidak bau yang harus Anda coba terapkan. Karena meskipun makanan yang satu ini terasa lezat ketika dikonsumsi, tetap saja ia meninggalkan aroma yang tidak sedap dan tentunya hal tersebut akan mengganggu kenyamanan Anda. Bukan hanya kenyamanan saat mengkonsumsinya saja, tetapi juga setelah mengkonsumsinya.

Berikut ini ada beberapa tips yang akan penulis bagikan terkait cara menghilangkan bau atau aroma tidak sedap pada jengkol, juga aroma yang ditinggalkannya.

Cara menghilangkan aroma menyengat pada jengkol

Jengkol dikenal dengan aroma atau baunya yang cukup menyengat. Karena itulah jika disajikan dengan cara pengolahan yang tidak tepat, maka aroma yang ditinggalkannya pun akan bertahan jauh lebih lama. Untuk menghindari hal tersebut, maka pastikan untuk mengolah jengkol dengan tepat melalui beberapa cara berikut :

  • Merendam jengkol

Sebelum dimasak ada baiknya jika jengkol yang hendak Anda olah direndam terlebih dahulu. Pastikan untuk menggunakan air es atau bahkan air kapur sirih agar aroma yang dimilikinya dapat dihilangkan dengan mudah. Proses perendaman terbaik dilakukan selama satu malam, hingga aroma menyengat yang dimilikinya benar-benar menghilang.

  •  Menggunakan air beras

Air cucian beras umumnya digunakan untuk merawat kesehatan kulit, utamanya wajah. Namun selain hal tersebut, air ini juga dapat Anda manfaatkan untuk merendam jengkol selama semalaman. Untuk hasil maksimal, lakukan selama 2 hingga 3 kali secara berturut-turut dengan air cucian beras yang telah diganti tentunya.

  • Rendam jengkol dengan bumbu

Selain proses merendam jengkol di bagian atas tadi. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap, Anda juga dapat melakukan proses perendaman dengan menambahkan beragam jenis bumbu rempah. Seperti halnya menggunakan daun jeruk purut atau bahkan daun jambu biji.

Cara menghilangkan bau jengkol pada mulut

Untuk menghilangkan bau jengkol pada bagian mulut tentunya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini :

Konsumsi makanan alami

Beberapa jenis makanan alami yang dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan bau jengkol yang tertinggal di dalam mulut di antaranya adalah :

  • Buah apel

Dalam beberapa studi atau penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi buah apel dinyatakan mampu menghilangkan aroma tidak sedap yang terdapat dalam mulut. Namun pastikan untuk mengkonsumsi buah tersebut secara langsung, bukan mengkonsumsi jus atau olahan buah apel lainnya.

  • Buah nanas

Selanjutnya Anda juga dapat menghilangkan aroma jengkol yang tidak sedap dengan mengkonsumsi buah nanas. bahkan jika Anda tidak menyukai buah yang satu ini, Anda hanya tinggal mengunyahnya saja sebanyak 1 atau 2 potong buah tersebut dan aroma jengkol pun akan menghilang dengan mudah.

  • Buah jeruk

Jeruk dikenal sebagai salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dengan mengkonsumsi jeruk, Anda dapat menghilangkan bau jengkol pada mulut dengan mudah. Hal ini berkaitan dengan konsumsi jeruk yang dapat merangsang produksi air liur dengan mudah.

Konsumsi jenis minuman tertentu

Selain mengkonsumsi beragam jenis makanan sehat dan alami, Anda juga dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap pada bagian mulut dengan meminum beberapa jenis minuman berikut ini :

  • Teh hijau

Teh hijau dikenal dengan beragam kandungan zat aktif di dalamnya. Karena itulah selain berfungsi sebagai desinfektan, teh hijau juga aktif sebagai deodorant yang tentunya dapat memberikan kesegaran pada mulut Anda dengan aroma yang tepat.

  • Susu

Selain teh hijau, susu juga dikatakan sebagai jenis minuman yang dapat menetralkan aroma jengkol. Hal ini berkaitan dengan kandungan allyl sulfida metil yang dipercaya dapat menghilangkan aroma tidak sedap akibat adanya jengkol itu tadi.

  • Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu jenis minuman yang mengandung prebiotik tinggi. Karena itulah keberadaannya pun dapat membantu Anda dalam mengurangi aroma tidak sedap yang berasal dari bagian mulut.

  • Kopi

Kopi juga dikenal sebagai jenis minuman lainnya yang dapat menghilangkan aroma jengkol. Namun dalam mengkonsumsi minuman yang satu ini, pastikan untuk menyeduhnya tanpa menggunakan gula, susu dan tambahan bahan lain. Dengan kata lain, cukup kopi hitam saja.

Cara menghilangkan bau jengkol di rumah

Aroma jengkol yang tidak sedap bukan hanya tertinggal pada bagian mulut saja, tetapi aroma yang dimilikinya dapat tertinggal di sekeliling Anda, termasuk di setiap bagian ruangan dari rumah Anda. Karena itulah dibutuhkan penanganan tepat agar rumah Anda dapat terhindar dan bahkan dibersihkan dari aroma yang tidak sedap tersebut. Namun bagaimana caranya? Berikut penjelasannya :

  • Netralisir bau dengan soda kue

Untuk menjadikan setiap ruangan di dalam rumah kembali wangi dan terhindar dari bau jengkol, Anda dapat menggunakan soda kue. Caranya pun cukup mudah, yaitu Anda tinggal mencampur soda kue dengan minyak esensial dan masukkan ke dalam wadah. Setelah itu tutupi wadah dengan kain tipis atau kertas. Jika aroma yang dihasilkan tidak keluar Anda dapat menggoyangkannya dan aroma dari wadah pun akan tercium dengan mudah.

  • Lemon sebagai pengharum ruangan

Selain menggunakan soda kue, Anda juga dapat memanfaatkan buah lemon. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengupas dan memotongnya menjadi beberapa bagian. Setelah itu Anda dapat menyimpannya di beberapa lokasi ruang terbuka. Namun jika ingin menghasilkan aroma yang lebih menyengat, Anda dapat mencampurnya dengan air panas.

  • Bersihkan sumber aroma tidak sedap

Bagian paling akhir yang bisa Anda lakukan dalam menghilangkan aroma jengkol yang tidak sedap di dalam rumah yaitu dengan membersihkan sumber bau yang ada. Misalkan jika aroma jengkol tersebut muncul dari dalam kulkas, maka pastikan untuk membersihkan setiap isi kulkas.

Itulah kiranya beberapa tips makan jengkol supaya tidak bau dan cara tepat menghilangkan aroma yang ditinggalkannya.