Nasi Tumpeng Merah Putih Kemerdekaan

Spread the love

Nasi tumpeng dari tahun ke tahun memang tidak ada berhentinya untuk di gunakan di acara-acara perayaan tertentu, atau sebagai tradisi di sebuah daerah. Namun, tidak hanya itu saja, nasi tumpeng pun di Jakarta mengalami peningkatan terutama pada catering-catering yang menyediakannya. Nasi tumpeng Jakarta yang menyediakan berbagai macam versi yang disediakan dengan pelayanan yang terbaik seperti delivery order.

Tradisi Nasi Tumpeng

Walaupun tradisi nasi tumpeng sudah ada jauh-jauh hari sebelum masuknya agama Islam ke pulau Jawa, dimana tradisi nasi tumpeng ini yang pada perkembangannya yaitu diadopsi dan juga dikaitkan dengan berbagai filosofi Islam di Jawa, serta dianggap sebagai sebuah pesan dari leluhur mengenai sebuah permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu Dalam tradisi kenduri atau slametan pada masyarakat beragama Islam tradisional di Jawa.

Nasi Tumpeng Versi Merah Putih

Nasi Tumpeng Jakarta versi merah putih ini dikhususkan untuk merayakan pada tanggal 17 Agustus pada hari HUT kemerdekaan dari Republik Indonesia. Nasi Tumpeng ini sudah biasa menjadi simbol yang digunakan untuk merayakan acara hajatan ataupun syukuran di Indonesia. Dan Sekarang pun Anda juga dapat membuat nasi tumpeng ini dengan berbagai macam variasi warna yaitu merah putih yang cocok untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih

Berikut ini resep dan juga cara untuk membuat nasi tumpeng versi merah putih ala ‘rumahan’ yang dapat Anda praktekan sendiri dirumah.

Bahan-bahan Yang Digunakan :

  1. 800 gr beras putih
  2. 200 gr beras ketan
  3. 1200 ltr santan
  4. 2 batang serai
  5. 1 sdm kunyit dan haluskan
  6. 1 sdm air jeruk nipis
  7. 2 sdm garam halus
  8. 4 lbr daun salam
  9. 1 lbr daun pandan

Bahan untuk membuat pewarna merah di nasi tumpeng ini dapat menggunakan paprika serta tomat yang sebelumnya diblender terlebih dahulu dan disaring. Kemudian Paprika dan tomat tersebut yang sudah selesai disaring lalu dicampur dengan beras yang telah disiapkan dan sedang diaron.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Merah Putih

  1. Cuci bersih terlebih dahulu beras ketan dan juga beras kemudian tiriskan. Lalu Kukus ke dalam panci.
  2. Sembari menunggu beras yang sedang dikukus tersebut, maka Anda dapat mencampurkan santan beserta kunyit. Lalu saring kemudian buang ampas dari kunyitnya.
  3. Masak larutan santan tersebut lalu tambahkan daun salam yang sudah disiapkan, serai, pandan, dan serta garam halus. Kemudian Masak sampai santannya mendidih. Setelah itu matikan kompor.
  4. Kemudian masukan beras tersebut yang masih dalam keadaan panas ke dalam santan, kemudian aduk sampai merata lalu biarkan santan tersebut terserap hingga habis. Kemudian beras tersebut akan menjadi aron ataupun setengah matang, setelah itu masukan air jeruk nipis dan Aduk hingga merata.
  5. Tahap Terakhir yakni kukus beras yang sudah diaron yaitu kurang lebih hingga 20 menit.
  6. Setelah itu angkat nasi kemudian tuangkan ke dalam sebuah cetakan nasi tumpeng tersebut yang ujungnya berbentuk lancip dan sebelumnya sudah diberi alas dari daun pisang yang di olesi dengan sedikit minyak sayur.
  7. Kemudian tambahkan dengan aneka lauk, dan potongan timun, serta tomat, selada, dan irisan cabai untuk dapat menambah komplit rasa serta tampilan nasi tumpeng merah putih ‘kemerdekaan’.

Spesialis Nasi Tumpeng

Itulah cara membuat nasi tumpeng merah putih kemerdekaan yang cukup mudah. Selain itu, Anda yang berada di Jabodetabek tak perlu khawatir karena Anda dapat memesan nasi tumpeng tersebut di Nasi Tumpeng Jakarta. Dengan memiliki pengalaman yang lebih dari 10 tahun lamanya dalam membuat nasi tumpeng dengan bahan baku yang terbaik maka membuat Nasi Tumpeng kini yang sudah Anda pesan dapat memiliki tampilan menarik dan juga rasa yang tentunya lezat.